AVICENNA CINERE

Leadership School

SD Avicenna Cinere - Leadership School

SD Avicenna Leadership School – Sekolah Ramah Anak memiliki komitmen yang sangat kuat dari semua pihak baik Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah, Yayasan dan Orang Tua untuk memberikan upaya maksimal dalam proses belajar siswa.

Proses belajar guna mencapai tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para siswa dirangkum dalam 3 (tiga) fondasi utama yaitu Akademik, Kepemimpinan dan Budaya.

Fondasi Akademik dimana Sekolah menjamin lingkungan belajar berlangsung kondusif bagi prestasi siswa dalam mewujudkan potensi tertinggi mereka.

Fondasi Kepemimpinan dimana Sekolah memastikan bahwa keterampilan kepemimpinan yang penting termasuk 7 Habits diajarkan secara efektif kepada siswa dan keluarga.

Fondasi Budaya dimana Sekolah bertanggungjawab atas pendidikan mereka melalui penerapan prinsip KEPEMIMPINAN seperti penetapan tujuan/target dalam setiap aktivitas Siswa, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kepala SD Avicenna Cinere 

Rini Setianingsih, M.Psi

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kasih sayangnya kepada kita semua sehingga kita bisa bertemu di dunia maya melalui media website Sekolah Avicenna.

Sekolah Dasar Avicenna Cinere adalah sekolah dasar yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Avicenna Prestasi (YPAP) yang terletak di Cinere, Depok. SD Avicenna Cinere mengaplikasikan Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan visi misi sekolah. Adapun visi sekolah adalah mewujudkan Sekolah Berkarakter Kepemimpinan, Berbasis Sains & Teknologi, Peduli pada Lingkungan dan Berprestasi. Sedangkan misi sekolah kami adalah melakukan proses pembelajaran yang inovatif kreatif, adaptif dengan kemajuan sains dan teknologi, berlandaskan keimanan dan ketakwaan, menciptakan suasana belajar yang sehat dan kondusif dengan lingkungan yang asri, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan menjalin kemitraan dengan orang tua siswa dan masyarakat.

Visi dan misi ini diejawantahkan dalam beberapa program unggulan yaitu :

  1. program character building Leader in Me yang bekerja sama dengan Dunamis sebagai pemegang lisensi 7 habits for children di Indonesia. Keunikan program Leader in Me di SD Avicenna Cinere adalah adanya Light House Student yang menjadi agent of change pembiasaan karakter baik di sekolah
  2. pembelajaran matematika & sains nalaria realistik yang menekankan keterampilan Higher Order Thinkings (HOTS) pada mata pelajaran Matematika dan Sains yang bekerjasama dengan lembaga KPM (Klinik Pendidikan MIPA). Program ini melahirkan klub-klub peminatan matematika dan sains yang dipersiapkan untuk meraih prestasi dalam berbagai kompetisi dan olimpiade.
  3. Avicenna English Conversation yang bekerjasama dengan LIA (Lembaga Indonesia Amerika) sebagai bentuk pembiasaan berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Program layanan psikolog sekolah yang mencakup layanan konseling, psikodiagnostik, psikoedukasi, pendampingan kesiapan sekolah, pendampingan ujian, dan observasi profil tumbuh kembang siswa.

Proses pembelajaran di SD Avicenna Cinere menggunakan pendekatan inquary based approach dengan teknis metode flipped learning, sehingga memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring dan luring. Agar pembelajaran daring terimplementasikan secara sistemik, SD Avicenna Cinere memiliki aplikasi School Management System (SMS) Gredu yang membantu pelaporan progress belajar siswa baik kepada orang tua, siswa, ataupun guru.

Dalam aspek pengembangan minat bakat siswa, SD Avicenna Cinere melakukan psikotes untuk mengukur minat dan bakat siswa, melakukan talet polling siswa-siswa berbakat dalam bentuk klub peminatan, dan mengikuti berbagai kegiatan rutin (latihan) dan kompetisi (lomba dan olimpiade). Saat ini, SD Avicenna Cinere memiliki program ekstrakurikuler unggulan dalam beberapa jenis bidang. Untuk bidang olahraga, ekstrakurikulernya adalah silat dan futsal, untuk bidang seni ekstrakurikuler unggulannya adalah seni tari, musik ansamble, dan juga visual art (melukis & comic strip), untuk bidang keagamaan ada ekskul tahfidz, dan untuk bidang pengembangan ilmu pengetahuan ada ekstrakurikuler sains.

Sebagai penutup, mari kita bekerja sama ikut serta menuntaskan janji kemerdekaan republik ini : Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dengan cara memanusiakan pendidikan agar tercipta self regulated learner sehingga bisa mencapai Merdeka Belajar versi terbaik ananda.

Wassalmualaikum Wr.Wb

  1. SD Avicenna Cinere merupakan Leadership School yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi serta 7 Habits dalam pembelajaran maupun Program Sekolah, untuk membantu pembentukan karakter.
  2. Berbasis pada pendidikan Multikultural yang berfokus pada pembiasaan dan penanaman karakter kepemimpinan, sikap peduli lingkungan sosial, serta toleransi antar suku, agama, dan keragaman budaya.
  3. Proses pembelajaran yang terintegrasi dengan aplikasi perangkat lunak Learning Management System (LMS).
  4. Pembelajaran terdiferensiasi yang mengakomodir perbedaan karakteristik dan kebutuhan siswa.
  5. Dedicated Psychologist berupa layanan langsung dari Psikolog untuk Siswa, Orang Tua, dan Tenaga Pendidik.
  6. Sarana dan Prasaranan yang mendukung Kegiatan Belajar Mengajar termasuk penggunaan aparatus Montessori sebagai alat peraga edukatif.
  1. Memiliki Student Lighthouse Team sebagai Duta Kepemimpinan
  2. Memiliki lingkungan sekolah yang asri, bersih dan nyeman untuk belajar dengan menerapkan Leadership Environment
  3. Memiliki Tenaga Pendidik yang profesional dalam Bidang Akademik dan Pedagogik yang dipantau melalui Rapot Kinerja
  4. Memiliki Psikolog Sekolah yang memantau Tumbuh Kembang Siswa
  5. Memiliki Asuransi Kesehatan untuk melindungi Siswa

SD Avicenna Cinere menjadi Sekolah SD Swasta  di Depok yang terpilih Kemendikbud Ristek menjadi Sekolah Penggerak.

Apa itu  Program Sekolah Penggerak ? 

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Klik untuk informasi Program Sekolah Penggerak 

Avicenna Leadership School Indonesia – SD Avicenna Cinere merupakan Leadership School Indonesia yang menerapkan Kurikulum Merdeka serta 7 Habits dalam pembelajaran maupun Program Sekolah, untuk membantu pembentukan karakter.

Program Leader in Me Sekolah Avicenna yang bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dengan menerapkan keseimbangan antara budaya/kebiasaan, kemampuan kepemimpinan, dan prestasi akademik dalam keseluruhan proses pendidikan. Leader in Me membantu peserta didik untuk mempersiapkan aspek-aspek penting dalam menghadapi setiap tantangan dengan melatih praktek kepemimpinan melalui peran-peran dan kegiatan yang memberdayakan potensi peserta didik sehingga dapart memimpin sendiri pembelajaran dan pencapaian akademiknya.

Sekolah Avicenna memiliki Program Layanan Psikologi bagi Siswa, Tenaga Pendidik dan Orang Tua guna membantu menyelesaikan hambatan dalam belajar dan mengembangkan potensi siswa. Program ini didukung oleh tenaga Psikolog yang tersertifikasi dan berpengalaman.

Sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dengan memberi kesempatan bagi orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan khusus seperti menjadi nara sumber untuk topik tertentu sesuai dengan profesi orang tua, membacakan cerita dalam kegiatan pekan literasi dan lain sebagainya.

  1. Pembelajaran Kepemimpinan (Leader in Me)
  2. Avicenna English Conversation
  3. Matematika dan Sains Nalaria Realistik
  4. Dedicated Psychologist
  1. Pembiasaan 7 Habits
  2. Leader in Me (LIM) Camp
  3. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
  4. Pembiasaan Ibadah sesuatu Agama masing-masing
  5. Avicenna Student Research (ASR)
  6. Avicenna Peduli Lingkungan (APEL)
  7. English, Math, and Science Olimpiad
  8. Ektrakurikuler dan Club
  9. Parenting dan Psikoedukasi
  10. Motivation Training
  1. Sains
  2. Coding
  3. Paduang Suara
  4. Tari
  5. Pencak Silat
  6. Futsal
  7. Comic Strip
  1. INTERNASIONAL
    1. 2 Bronze Medal – International Kangaroo Mathematics Contects (IKMC) 2021
    2. 1 Bronze Medal – Southest Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) 2021
    3. 1 Gold Medal – International Mathematics & Science Olypiad (IMSO), Bid. Matematik 2021
    4. 1 Silver Medal – International Mathematics & Science Olypiad (IMSO), Bid. Silver 2021
    5. 1 Bronze Medal – International Mathematics & Science Olypiad (IMSO), Bid. Silver 2021

    NASIONAL

    1. 1 Gold Medal – Olimpiade Sains Kuark (OSK) Bid. Menulis Inspiratif, 2021
    2. 1 Silver Medal – Kompetisi Matematika Suprasional (KMS), 2021
    3. 1 Bronze Medal – Olimpiade Sains Kuark (OSK) Bid. IPA, 2021
    4. 1 Bronze Medal – Lomba Menggambar Tingkat NAsional Childern Creativity, 2021
Open chat
Hai, Ada yang bisa kami bantu?