SEKOLAH AVICENNA CINERE

Leadership School

Bulan Bahasa|SMP Avicenna Cinere Leadership School – Festival olah Rasa dan Karsa

SMP Avicenna Cinere Leadership School – Bulan Oktober merupakan bulan diselenggarakannya kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra. Kegiatan bulan bahasa ini merupakan kegiatan yang diadakan untuk menyemarakkan dan memartabatkan bahasa Indonesia dari berbagai bidang untuk melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional. Tujuan diadakannya bulan bahasa, yaitu untuk menyemarakan peranan bahasa, menguatkan rasa terhadap bahasa kebangsaan, dan memelihara semangat serta meningkatkan peran masyarakat dalam pengembanan bahasa dan sastra Indonesia.

SMP Avicenna Cinere Leadership School turut memeriahkan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra dengan mengadakan kegiatan Festival Olah Rasa dan Karsa. Acara tersebut merupakan bentuk wadah dan aspirasi civitas akademik SMP Avicenna Cinere untuk membuat karya di bidang bahasa dan sastra, membudayakan literasi, dan menyemarakkan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 2021 dengan mengangkat tema “Mengukir Prestasi dalam Harapan, Cita, dan Cinta”. Adapun rangkaian kegiatan pada Festival olah Rasa dan Karsa ini, yaitu Peluncuran Buku berjudul Harapan, Cita, dan Cinta, Penampilan Dramatic Reading, lomba-lomba, dan talkshow.

Buku Harapan, Cita, dan Cinta merupakan buku yang berisi kumpulan kata-kata indah yang dibuat oleh civitas SMP Avicenna Cinere Leadership School, yaitu siswa-siswa, orang tua, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan SMP Avicenna Cinere. Buku ini berisi curahan hati para penulis mengenai pandangan dan ungkapan hatinya tentang sebuah harapan, cita, dan cinta yang dirangkai melalui tulisan. Selain menulis kata-kata indah, buku tersebut juga dilengkapi dengan gambar-gambar hasil karya siswa-siswa SMP Avicenna Cinere Leadership School yang diselaraskan dengan tulisan yang sudah dibuat. Tulisan indah dibalut dengan gambar yang tak kalah indah juga membuat buku ini terlihat begitu elok dibaca. Buku ini telah berhasil mewadahi karya berupa tulisan dari seluruh civitas SMP Avicenna Cinere.

Selain buku, pada kegiatan ini juga diadakan penampilan dramatic reading dari naskah Harapan, Cita, dan Cinta. Naskah drama ini merupakan naskah hasil kolaborasi antara siswa dan guru, yaitu Ananda Arwen dari kelas 9B. Setelah naskah sudah selesai, naskah ini dimainkan menjadi sebuah pementasan dramatic reading yang pemainnya merupakan siswa-siswa SMP Avicenna, diantaranya Selma, Tasya, Rifki, Zaki, Bella, Kaila, Anne, dan Nisa.

Kegiatan bulan bahasa ini juga memiliki lomba-lomba yang tak kalah seru, yaitu lomba visualisasi pantun, lomba cerita bergambar, dan lomba menyanyi lagu daerah. Lomba-lomba ini diselenggarakan oleh OSIS SMP Avicenna Cinere. Lomba-lomba ini dijadikan sebagai wadah untuk siswa menyalurkan bakatnya di bidang bahasa, seni, dan sastra.

Kegiatan lainnya yang tak kalah seru ialah talkshow seni peran dengan tema “Mengolah Pikiran dan Rasa Melalui Seni Peran”. Talkshow ini mengundang dua pembicara hebat dan keren, yaitu Maudy Koesnaedi dan Peri Sandi Huizche. Maudy Koesnaedi adalah seorang peggiat seni dan public figure yang terkenal. Ia merupakan sosok pecinta seni dan juga seorang aktris yang hebat. Sedangkan Peri Sandi Huizce merupakan seorang seniman dan juga dosen. Ia merupakan seorang seniman yang saat ini terkenal dengan pembaca puisi yang andal dan keren, ia aktif menggunggah video pembacaan puisi di kanal youtubenya.

Kegiatan ini sangat seru dan menjadi salah satu kegiatan untuk memberikan insight baru kepada seluru Leader Sekolah Avicenna Cinere Leadership School.

By : Syifa Fauziah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hai, Ada yang bisa kami bantu?